Palazzo Strozzi, salah satu istana penting peninggalan jaman renaissance di kota Florence, Italia, menggelar pameran yang diberi judul ‘The Cinquecento in Florence’. Pameran ini mengedepankan pemikiran tentang siapa yang mempengaruhi siapa di masa kejayaan seni di kota Florence pada abad ke 16, masa kebudayaan dan intelektualitas merekah secara bersamaan. Apakah kemegahan Modern Manner yang gelombangnya dibuat deras oleh keluarga Medici atau gerakan Counter-Reformation yang relijius dari Roman Chatolic.
Pameran berlangsung dari bulan September tahun lalu hingga Januari ini, menghadirkan lebih dari 70 karya seni lukis dan patung dari seniman-seniman master seperti Michelangelo, Bronzino, Giorgio Vasari, Rosso Fiorentino, Pontormo, Santi di Tito, Giambologna dan Bartolomeo Ammannati. Karya-karya master ini dibagi ke dalam 7 ruang yang berurutan. Pada ruang pertama, diberi nama THE MASTERS, tentu diletakkan karya yang paling diunggulkan, sebuah patung berjudul River God (circa 1526-7) karya Michelangelo dengan latar belakang lukisan Luco Pieta (circa 1523-4) karya Andrea Del Sarto.
Ruang ke dua, BEFORE 1550, memampang tiga karya yang disajikan menjadi deretan triptych yaitu, Deposition from the Crossfrom Volterra (1521) karya Rosso Fiorentino, kemudian Santa Felicita Deposition (1525–8) karya Pontormo, dan Deposition of Christ from Besançon (c. 1543–5) karya Bronzino. Ruang ke tiga diberi nama COUNTER-REFORMATION ALTAR, berisi karya-karya relijius. Ruang ke empat, PORTRAITS, berisi karya-karya potret dari paruh ke dua abad ke 16. Lalu ruang-ruang berikutnya berturut-turut, THE STYLE STUDIOLO AND BEYOND, ALLEGORIES AND MYTHS, dan HERALDING THE NEW CENTURY.