Balap supercar 24 jam yang legendaris, Le Mans, tahun ini merayakan hari jadi ke 100 tahun yang diadakan pada 10 – 11 Juni lalu. Dan Rolex, yang sudah mendukung Le Mans sejak tahun 2001, kali ini kembali mendukung sebagai official time piece perlombaan ini berlangsung selama 24 jam, yang diadakan di Circuit de la Sarthe, Prancis. Dukungan ini juga sejalan dengan nilai-nilai yang dianut oleh Le Mans dan Rolex dalam mencari pencapaian tertinggi dan menjadi legenda di bidangnya.
Tom Kristensen, pembalap legendaris dan pemenang Le Mans sebanyak sembilan kali, yang juga menjadi wajah Rolex untuk perlombaan ini sejak tahun 2010, menjadi ambassador perayaan satu abad Le Mans ini. Saat berdiskusi tentang balapan legendaris ini, Tom mengatakan “Anda baru menyadari besarnya Le Mans ketika Anda merenungkan 100 tahun terakhir. Ada begitu banyak evolusi dan revolusi, kemenangan dan kesedihan yang luar biasa, jadi ini benar-benar mitos dalam pengertian itu. Sepanjang 24 jam, jam Rolex selalu mengingatan pentingnya setiap menit dan setiap putaran yang berlalu. Tidak ada yang sempurna, tetapi untuk seorang pembalap, jika Anda dapat mengoptimalkan diri Anda selama waktu itu, Anda bisa mendekati kesempurnaan.”
Sejak diadakan pertama kali pada tahun 1923, balap motor 24 jam Le Mans, menjadi sebuah sinonim dengan inovasi dalam hal pelopor efisiensi dan keamanan di jalur balap. Dan tahun ini, merupakan tahun di mana kembalinya merek-merek mobil berkategori Hypercar ke sirkuit, seperti Cadillac, Ferrari, Peugeot dan Porsche. Merek supercar yang juga sudah mencoretkan nama mereka dalam sejarah mobil sport. Tapi yang pasti, pemenang tahun ini, apapun mobil yang digunakan, juga akan mencatat sejarah, menjadi pemenang di satu abad Le Mans.