Banyak anak Indonesia yang berharap-harap wastra Indonesia bisa mentas di New York Fashion Week dengan level desain yang setara dengan pemikiran global industri fashion. Nah, harapan ini terwujud dengan presentasi jenama SPOUS, satu jenama dari Jakarta. Creative Director SPOUS, Priyo Oktaviano, membesut IKAT dengan desain yang cerdik, ia mengusung satu mood yang modern dan meng- Gen Z kandas, dengan basis desain Preppy look, meninggalkan stereotipe desain-desain IKAT yang selama ini beredar di Indonesia. Pernahkan kalian berpikir ada dasi berbahan Ikat bersiluet papan selancar? Oh, sangat stunning, dasi menjadi begitu terasa fun. Ikat dibuat menjadi celana pendek hot pants seperti yang sering dipakai personil Blackpink. Ikat dibuat menjadi bomber vest dikenakan dengan celana panjang cargo militer. Untuk memberi kesan ringan, Priyo memadukan setiap set rancangan dengan bahan-bahan sifon transparan. Koleksi ini sendiri bertema Childhood Reminiscence, terinspirasi dari kenangan masa kecil yang bebas tanpa batasan mimpi, masa tempat berimajinasi seekspresif mungkin. Material utama yang digunakan adalah tenun Endek Bali.
KBRI dan pasar Amerika Serikat
Presentasi SPOUS ini bisa menjawab keyakinan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Amerika Serikat yang diwakili oleh istri Duta Besar, Ibu Ayu Heni Rosan yang meyakini bahwa dengan strategi pemasaran yang tepat pastinya karya dan produk Indonesia dapat menembus pasar Amerika Serikat. Terlebih lagi, dirinya beranggapan bahwa saat ini kualitas produk tekstil tanah air sudah sesuai dengan selera pasar Amerika Serikat. “Peluang desainer tanah air masuk ke pasar Amerika Serikat sangat terbuka lebar, ekspor Indonesia ke Amerika Serikat terutama produk tekstil pun terus meningkat dan saat ini Amerika Serikat merupakan mitra dagang terbesar kedua setelah Cina”, ujarnya sebelum keberangkatan tim Indonesia ke New York.
Formula rancangan SPOUS mengangkat citra model
Kemudian balik ke pesan pribadi di Instagram, Priyo menambahkan: ‘Dengan populasi 273,5 juta penduduk Indonesia dan sumber alam dan budaya yang melimpah, saya percaya Indonesia bisa menawarkan begitu banyak hal untuk dinikmati dunia. Kita memiliki begitu banyak etnis dan budaya yang bisa dieksplorasi, kemampuan handcraft yang excellent, dan kekayaan wastra Indonesia untuk dinikmati. Saya percaya kita perlu mempromosikan seni desain Indonesia secara global, sehingga dunia bisa memahami pentingnya budaya dan sejarah kita.” Sebagai catatan, dalam presentasi SPOUS ini, koleksi dibawakan oleh model-model yang bukanlah model kelas A di New York, tetapi mereka disini malah tampak berkelas dan vibin’ berpendar, hal ini tak lepas dari formula desain SPOUS, kinerja desain yang bagus mampu membuat pemakainya menjadi gorgeous.
Foto: Riviere Agency