Kaws dan Andy Warhol, adalah dua seniman kontemporer yang hidup di era berbeda, Warhol beraliran Pop Art dalam bentuk lukisan sementara Kaws adalah figurine yang diciptakan oleh Brian Donelly. Tapi ternyata mereka bisa bersatu tanpa menghilangkan karakter masing-masing dan menghasilkan sebuah karya kontemporer baru, seperti yang baru diluncurkan oleh jenama fashion Jepang, Uniqlo. Dan ini adalah pertama kalinya kedua seniman legendaris ini bertemu dalam sebuah kolaborasi.
Jenama fashion asal Jepang ini selalu melakukan kolaborasi desain baju untuk lininya yang disebut UT (UNIQLO T-shirt). Dan kali ini, tidak disangka-sangka karakter ikonik dari KAWS + Warhol akan hadir di atas baju UT! Menyambut pameran besar KAWS + Warhol di The Andy Warhol Museum, kedua jenama ini berkolaborasi dan rencananya koleksi UT x KAWS + Warhol akan dirilis pada 23 Agustus 2024 di seluruh toko UNIQLO dan juga secara toko daring-nya.
Dalam kolaborasi ini, UNIQLO membawa perpaduan estetika khas antara karya ikonik Andy Warhol dan karakter unik dari KAWS, menghadirkan desain yang fresh dan tetap menghormati warisan dua seniman besar ini. Tak hanya dalam bentuk T-shirt, tetapi koleksi ini juga mencakup beragam produk lainnya seperti sweatshirt, jaket coach, kaos kaki, tas, hingga pakaian anak-anak.
Salah satu daya tarik utama dari kolaborasi ini adalah peluncuran art book eksklusif KAWS + Warhol yang hanya tersedia di UNIQLO. Buku ini menawarkan pandangan mendalam terhadap karya kedua seniman yang memerlihatkan dialog visual antara estetika KAWS yang kontemporer dengan gaya pop art Warhol. Tak hanya sebagai ‘collector’s item’ saja, tetapi art book ini juga menjadi salah satu produk yang diperebutkan oleh para penggemar seni.
Tak hanya koleksinya yang menarik, UNIQLO juga menggelar kampanye menarik di Instagram @uniqloindonesia, di mana pelanggan bisa memenangkan art book bertanda tangan KAWS. Bagi yang berhasil mendapatkan buku ini, hadiah tambahan berupa tas selempang limited edition siap menanti. Seperti biasa, UNIQLO memastikan bahwa seni dan fashion bisa diakses oleh semua kalangan, dari dewasa hingga anak-anak dalam konteks yang lebih kasual dan tetap timeless.