Menyambut tahun baru Cina yang akan datang, yang merupakan tahun Naga Kayu, menjadi moment penting di industri retail luxury global. Semua jenama luxury berlomba-lomba mengeluarkan edisi Naga Kayu untuk menyambut tahun baru yang jatuh pada 10 Februari medatang. Berbagai versi dan interpretasi akan simbol Naga hadir dengan berbagai formasi, baik dari image dan narasi, yang bermuara pada produk edisi khusus yang dibuat terbatas. Termasuk jam tangan luxury, yang diproduksi terbatas untuk edisi tahun Naga ini. Berbagai jenama jam tangan mengeluarkan edisi Naga dalam berbagai desain, kolaborasi, warna, image hingga movement yang bisa melibatkan sang mahluk mitologi Cina yang paling berkuasa tersebut.
Market Cina di industri luxury, menguasai lebih dari 25% market dari seluruh market global, menurut data dari Deloitte, yang dikeluarkan pada September 2023. Sementara market jam tangan luxury mengambil bagian 15% dari total market luxury di Cina. Maka tak ayal, adalah sebuah kewajaran, kalau semua jenama jam tangan luxury mengeluarkan edisi tahun Naga yang begitu spesial ini. Yang membuatnya lebih spesial lagi adalah image Naga ini sendiri yang juga memiliki nilai lebih di masyarakat yang merayakan tahun baru Cina. Dan ini terlihat dari antusiasme jenama luxury yang mengeluarkan edisi Naga. Pada tahun-tahun sebelumnya, ada beberapa jenama (luxury) yang tidak pernah mengeluarkan edisi tahun baru Cina dengan edisi hewan yang mengikuti tahun tersebut. Tapi tahun ini, seakan semua jenama jam tangan luxury, yang semuanya buatan Switzerland, mengeluarkan versi mereka masing-masing edisi Naga Kayu untuk menyambut tahun baru Cina.
Foto utama: courtesy of Hublot, Chen Fenwan dan karyanya Naga Kertas untuk Hublot