Ketika Luxina bertemu dengan Mel Ahyar di 236 Rue Saint-Martin, Paris, bulan Maret 2018 lalu, Mel sedang serius berpresentasi di sebuah fashion agency bernama Ozone. Kehadiran Mel di tempat ini memang bagian dari agenda bisnis yang ia lakukan di sepanjang tahun 2018. Hasilnya bukan tangan kosong, dari Ozone Showroom ini Mel mendapat fashion buyer dari Hong Kong yang membuat order untuk label Mel Ahyar First.
Deal yang diraih Mel tentu layak diikuti oleh desainer lain di Jakarta. Namun bagaimana bisa mendapat buyer di Paris? Lalu, seberapa mudah mengikuti brand showcase di international sales platform seperti ini?
“Ada banyak sekali tempat brand showcase di Paris. Kita tidak bisa asal ikut showcase, kita harus mempelajari apakah agensi yang kita pilih memiliki karakter yang sesuai dengan rancangan kita. Jangan sampai rancangan kita di showcase tersebut berbeda karakter dengan apa yang desainer lain presentasikan.” Ujar Mel Ahyar.
Ozone showcase memfokuskan diri pada gaya desain high end contemporary, gaya yang otomatis mengumpulkan para buyer yang memang mencari gaya rancangan high end contemporary. Bayangkan kalau Anda hadir dengan karakter rancangan label Anda yang bergaya businesswear atau misalnya classic feminine, sudah pasti buyer tak akan menoleh, salah kamar darling! Di Ozone Mel Ahyar melakukan presentasi bersama 18 brand fashion dari seluruh dunia.
Untuk mengikuti fashion game ini, Mel bukannya langsung ‘nyemplung’ begitu saja. Mel melakukan survey sejak beberapa tahun sebelumnya. Mendatangi fashion agency satu per satu, memperhatikan strategi deal, karakter rancangan, dan lokasi showcase. Survey dilakukan selama dua tahun, sampai akhirnya Mel berani melakukan ‘hit’ dan ‘on point’.
Pada musim pekan mode spring/summer di bulan September nanti, Mel kembali akan menurunkan Mel Ahyar First di Ozone showcase. Proses rancangan sedang berlangsung, sementara komunikasi lintas benua ke Paris untuk urusan konsep, registrasi dan look book, sudah mulai menyedot konsentrasi Mel. Namun seperti tak kehabisan waktu, di antara konsentrasinya tersebut Mel masih sempat bermain collabo dengan mengeluarkan koleksi Hari Raya COTTONINK X MEL AHYAR FIRST. Koleksi ini dipresentasikan pada hari Jumat tanggal 4 Mei 2018 di hadapan para wartawan fashion, dan akan tersedia di butik Cottonink Plaza Senayan Jakarta (dalam bentuk eksibisi) tanggal 21 s/d 27 Mei 2018.
Foto: Syahmedi Dean