Terbang dari satu negara ke negara lain adalah hal yang sangat lumrah saat ini. Mengatur sebuah perjalanan saat ini tidaklah sesulit 50 tahun yang lalu. Di mana tidak semua orang mampu untuk berpergian dan alat transportasi sangat terbatas, terutama transportasi untuk menyebrangi negara dan benua.
Namun kini, di saat perjalanan sudah semakin mudah dan hanya memakan waktu singkat, moda transportasi yang tersedia semakin berlomba dalam menawarkan pelayanan prima selama perjalanan. Semua orang merasa bisa terbang kemana saja, namun belum tentu setiap orang bisa mengalami proses perjalanan yang luar biasa.
Empat operator penyedia jasa penerbangan sipil terbesar di dunia, seakan “berperang” dalam menawarkan berbagai fasilitas baik di darat selama di udara. Penerbangan jarak jauh tidak lagi terasa membosankan, penumpang akan merasa dijamu di hotel bintang tujuh dengan pelayanan personal dan penuh privasi.
Maskapai penerbangan Emirates Airlines yang berbasis di Dubai, Arab Saudi, baru saja meresmikan kabin kelas satu dengan model suites seperti kamar pribadi. Suites ini memiliki pintu dorong yang tertutup hingga ke ceiling kabin, di dalam suites tersedia televisi sebesar 39 inci yang bisa doperasikan dengan remote control tanpa kabel. Tempat duduknya mampu berubah posisi hingga rata 180 derajat dengan zero gravity seat position. Untuk kelas utama ini Emirates mengambil inspirasi dari kabin mobil Mercedes Benz dan baru tersedia pada pesawat seri Boeing 777.
Singapore Airlines juga tidak mau ketinggalan. Pada 2 November lalu, SQ (nama singkatan untuk Singapore Airlines) baru saja meresmikan dekorasi baru pada kelas bisnis dan suites pada pesawat seri A380. Mengambil “punch line” Experience The Differnce, kelas suites menyediakan kamar yang bisa berbagi bila Anda berpergian berdua. Layaknya seperti kamar pribadi. Kabin ini menyediakan tempat tidur dan sofa satu dudukan yang seperti yang terdapat pada pesawat pribadi. Sofa ini bisa berputar 360 drajat dan berubah posisi seperti lazy boy chair. Kemudian pada dinding kabin terdapat sebuah televisi berukuran 42 inci yang remote control-nya terletak di lengan sofa. Bisnis dan suites class ini baru akan beroperasi pada tgl 18 Desember mendatang.
Ketiga adalah Etihad Airways. Maskapai yang baru saja marayakan hari jadi yang ke 14 ini memiliki suites dengan tiga kamar pada pesawat seri A380. Dan Etihad baru saja meresmikan kabin double yang dengan pelayanan yang juga berlipat. Makanan yang disediakan fine dining layaknya restoran peraih bintang michelin. Kabin kelas ini menyediakan pakaian tidur hingga bathrobe dan kamar mandi yang dilengkapi dengan pancuran.
Maskapai yang sudah berusia 20 tahun ini baru saja meresmikan kabin bisnis yang bisa dirubah seperti ruang komunal. Untuk penumpang yang berpergian bersama tiga orang teman, ini merupakan pengalaman baru di udara. Sementara untuk kelas suites Anda akan mendapat welcome note secara personal dari sang pilot. Untuk menu makanan, penumpang bisa memilih dari menu ala carte dan akan dimasak pada saat setelah Anda memesan. Kelebihan lain suites dan residen ini adalah layanan butler yang juga akan siap membantu penumpang selama perjalanan udara.
Ke empat maskapai ini memiliki kesamaan yaitu keramaham pelayanan awak kabin pada penumpang, keramahan Asia yang tidak tertandingi. Namun yang membuatnya berbeda adalah “kompetisi bisu” yang selalu ingin menjadi terdepan. Kompetisi yang selalu ingin menjadikan masing-masing maskapai menjadi yang terbaik di dunia. Keputusan ada di tangan Anda untuk menentukan siapakah yang terbaik dari yang terbaik?
Foto dok. Istimewa