Porsche Mobil 1 Supercup memasuki musim ke-30 di sirkuit Autodromo Enzo e Dino Ferrari di Imola Italia akhir pekan mendatang (22 hingga 24 April 2022). Kisah sukses piala one-make internasional dimulai pada April 1993 di tempat yang sama. Pada tahun 2022, delapan balapan akan dipertandingkan sebagai dukungan untuk putaran Eropa dari Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA. Sembilan tim dari Italia, Swiss, Belanda, Austria, Belgia, Swedia, Prancis, dan Jerman akan bertanding di Imola dengan total 33 pembalap dari 12 negara. Pada acara tertentu, Porsche Motorsport akan mengkampanyekan mobil VIP No. 911. Pembalap tamu pada balapan pembuka musim sebagai bagian dari program dukungan untuk Grand Prix Emilia-Romagna adalah juara dunia sepeda motor lima kali Jorge Lorenzo. Pembalap Spanyol berusia 34 tahun mengikuti balapan mobil pertamanya di ca. 375 kW (515 PS) Piala Porsche 911 GT3.
Ulang tahun ke 30 dan enam pemula untuk Piala Super
“Ulang tahun ke-30 Porsche Mobil 1 Supercup menjanjikan salah satu yang paling menarik. Tes pra-musim resmi sudah menggarisbawahi seberapa kompetitifnya di puncak. Setidaknya selusin pembalap bagus untuk podium. Capacity grid, tim baru untuk seri ini, dan enam pemula juga menunjukkan betapa populernya Piala Super ini. Selain itu, ini adalah kesempatan luar biasa untuk memulai musim ini di arena balap yang sama yang menjadi tuan rumah balapan Piala Super pertama pada tahun 1993. Namun demikian, kami tidak hanya berkomitmen pada tradisi. Porsche Mobil 1 Supercup juga bekerja menuju masa depan yang berkelanjutan, yang telah melibatkan penggunaan bahan bakar terbarukan sejak musim 2021,” ujar Oliver Schwab, Manajer Proyek Porsche Mobil 1 Supercup.
Larry ten Voorde dan persaingan yang sengit
Juara bertahan Larry ten Voorde berbagi pandangan Schwab tentang persaingan sengit di puncak. “Untuk memenangkan gelar keseluruhan untuk ketiga kalinya berturut-turut akan sangat sulit,” jelas pria Belanda yang bersaing memperebutkan juara bertahan tim GP Elite. Ten Voorde menghadapi persaingan ketat untuk memperebutkan mahkota, antara lain dari mantan juara Piala Super Michael Ammermüller dari Jerman, yang kembali tampil di Porsche 911 GT3 Cup setelah dua tahun, dan Porsche-Junior Laurin Heinrich. Seperti Ammermüller, pembalap muda ini bersaing untuk SSR Huber Racing. “Saya bersemangat untuk menghadapi balapan pertama saya sebagai Porsche-Junior dan balapan pertama saya di Imola,” kata pebalap berusia 20 tahun dari wilayah Würzburg Jerman. “Saya pikir trek balap ini adalah salah satu yang paling sulit di kalender Piala Super setelah Monaco. Tetap saja, sangat menyenangkan mengendarai Porsche 911 GT3 Cup di sana.”
Tiga pertanyaan untuk MotoGP Legend, Jorge Lorenzo
Hingga pensiun pada akhir musim 2019, Anda adalah salah satu pembalap motor terbaik dunia. Seberapa sulitkah transisi ke mobil balap?
Motor jauh lebih cepat di lintasan lurus dan akselerasinya lebih baik, sedangkan mobil jauh lebih cepat di tikungan. Pada sepeda motor, Anda harus terus-menerus menggunakan tubuh Anda untuk memindahkan beban ke depan, belakang, atau samping. Jelas, itu tidak mungkin di dalam mobil. Di Porsche 911 GT3 Cup, Anda harus menggunakan throttle dan rem untuk mentransfer berat dari poros depan ke belakang. Saya masih harus mempelajari ini. Saya pikir mungkin saja seorang pembalap motor beralih ke mobil balap dan menjadi kompetitif tetapi tidak mungkin sebaliknya.
Anda harus mengenal Porsche 911 GT3 Cup selama sesi tes, antara lain di Imola. Apa kesan Anda?
Saya sangat senang mengendarai 911 GT3 Cup, meskipun ini adalah mobil balap yang sangat menuntut, terutama karena tidak memiliki pengereman ABS atau kontrol traksi. Tetapi mereka mengatakan bahwa ini adalah mobil terbaik untuk dipelajari. Jika Anda cepat di Porsche 911 GT3 Cup, Anda juga cepat di setiap mobil GT.
Apa yang Anda harapkan dari balapan mobil pertama Anda?
Saya tidak pernah balapan di Imola, bahkan dengan sepeda motor. Plus, debut saya akan berada di level tertinggi dengan Porsche 911 GT3 Cup. Pembalap Supercup adalah yang terbaik di dunia dengan mobil ini. Akan sangat sulit bagi saya untuk finis dalam 20 besar. Tapi saya tidak bisa menolak kesempatan untuk balapan di Imola di depan kerumunan Formula Satu.
Autodromo Enzo e Dino Ferrari, Imola (Italy)
Dibuka pada tahun 1953, arena balap yang terletak di pinggiran Imola adalah salah satu sirkuit paling tradisional di Formula Satu, yang kembali ke sini pada tahun 2020 setelah istirahat selama 13 tahun. Jalur rollercoaster sepanjang 4,909 kilometer mengikuti kontur alami perbukitan Emilia-Romagna. Pada tanggal 25 April 1993, Porsche Supercup merayakan debut dunianya di arena balap yang memiliki nama dari nama belakang pendiri Ferrari dan putranya. Uwe Alzen dari Jerman melewati garis finis sebagai pemenang di ca. 202 kW (275 PS) Porsche 911 Carrera RS (Generasi 964). Hingga tahun 2006, Imola dan Grand Prix San Marino menjadi pertandingan reguler di kalender Piala Super. Sekarang, piala one-make internasional Porsche kembali ke tempat pertunjukan perdananya untuk mengikuti balapan ke-304.
Jadwal putaran 1 Porsche Mobil 1 Supercup (dalam waktu CEST)
Jumat, 22 April
6:30 – 7:15 pm: Free practice
Sabtu, 23 April
2:00 – 2:30 pm: Qualifying
Minggu, 24 April
12:05 pm: Race (14 laps)
2022 Porsche Mobil 1 Supercup calendar *
22 – 24 April, Imola (Italy)
26 – 29 May, Monte Carlo (Monaco)
01 – 03 July, Silverstone (Great Britain)
08 – 10 July, Spielberg (Austria)
22 – 24 July, Le Castellet (France)
26 – 28 August, Spa-Francorchamps (Belgium)
02 – 04 September, Zandvoort (Netherlands)
09 – 11 September, Monza (Italy)
* jadwal dapat berubah