Sejak menjadi mitra resmi Festival Film Cannes pada tahun 1998, Chopard menjadi sangat identik dengan industri film dan semua yang terlibat di dalamnya. Chopard turut mendukung tampilan “luar layar” para bintang film menjadi polished dan luxury di karpet merah Festival Film Cannes, dan menjadi daya tarik marketing dan menyedot perhatian hampir semua kalangan di berbagai tingkat. Ini merupakan mitra yang sangat strategis yang pernah ada di dunia hiburan, festival film bergengsi dan perhiasan luxury.
Kapasitas Chopard sebagai mitra resmi untuk Festival Film Cannes lebih besar dari sekedar memakainya perhiasannya di leher-leher aktor saja. Chopard turut membuat piala penghargaan tertinggi Festival Film Canness, yang dikerjakan oleh artisannya, yaitu Palme d’Or. Belum lagi berbagai penghargaan lain yang juga dibuat oleh Chopard dengan menggunakan teknik yang sama untuk membuat high jewellery. Bisa dibayangkan penghargaan tersebut tidak saja memiliki nilai sabagi piala, tapi juga nilai material dan craftsmanship yang mengandung pada piala tersebut. Dan ini digarap dengan sangat serius oleh Chopard karena reputasi internasional jenama ini ada pada setiap penghargaan tersebut.
Festival Film Cannes 2023 yang akan berakhir pada 27 Mei besok, di mana Palme d’ Or akan diserahkan pada sosok industri film yang memiliki reputasi dan karir yang cemerlang, merupakan puncak dari festival film paling bergengsi ini. Selama 11 hari festival ini berjalan, aktor film, supermodel, sutradara, dan semua yang bekerja di industri film, menjadikan karpet merah Festival Film Cannes sebagai ajang eksistensi bahwa sosoknya masih produktif dan layak berada di lingkaran ini. Arena ini menjadi display dengan audiens yang sangat luas untuk Chopard, baik on-line dan off-line.
Untuk informasi, Chopard yang menobatkan Julia sebagai global brand ambassador tahun ini, pada Chopard talk show di Watches And Wonders Geneva 2023 lalu, mengatakan bahwa ia (Julia) sangat mendukung nilai-nilai ethical dan sustainability yang dijalankan Chopard, yang membuatnya untuk tidak menolak posisi ambassador ini. Nilai ini pula yang diselipkan Chopard pada Festival Film Cannes yang saat ini perlahan menjadi satu-satunya festival film di dunia yang menjalankan event dalam koridor sustainability.
Kembali ke karpet merah, tahun ini hampir semua aktor dan undangan Festival Film Cannes, bisa dikatakan 90%, memakai perhiasan dan jam tangan Chopard yang semuanya disponsori oleh Chopard. Mulai dari sosok dengan reputasi internasional hingga regional dan berbagai ras. Natalie Portman, Uma Thurman, Kate Beckinsele, Naomi Campbell, Carla Bruni, adalah nama-nama dari sedikit yang memakai koleksi high jewellery Red Carpet Collection Chopard yang memilki tag line Chopard Loves Cinema. Ini adalah bukti bahwa Chopard benar-benar “loves the cinema“. Perhiasan yang dipakai juga memiliki pesan seperti yang saya sampaikan diatas, pesan ethical dan sustainability. Chopard selalu mengampanyekan batu mulia dan logam mulia yang mereka gunakan dalam membuat setiap potong perhiasan dan jam tangan, didapatkan secara etis dan resmi.
Sustainability di ranah luxury memang sudah mencapai tingkat yang lebih tinggi. Dengan cakupan yang lebih luas dan melibatkan pemahaman intelektual yang juga tinggi. Bukan hanya sekedar daur ulang dan bisnis berkelanjutan, yang merupakan basic point dari sustainability. Tapi lebih dari sekedar itu dan Chopard sudah menjalankannya sejak trend ini belum terjadi. Semoga saja bukan hanya sekedar trend.
Foto dok. Chopard/ Getty Images