Tren barbershop di Indonesia terutama kota besar seperti Jakarta, memang sedang ranum-ranumnya. Hampir setiap sudut kota ini bisa ditemukan barbershop. Mulai yang berlokasi di pusat perbelanjaan prestisius hingga pinggir jalan yang hanya bermodal 1 satu kursi dan cermin. Dari sekian banyak barbershop yang menjamur ini, bisa dikatakan hampir semuanya membuka tempat potong rambut khusus pria ini karena tren. Walaupun memang kebutuhannya semakin besar, tetapi sesuatu yang bersifat tren akan lenyap seketika.
Namun ada satu barbershop yang benar-benar mendedikasikan barber sebagai bagian dari gaya hidup pria sepenuhnya dan membuat barbershop sebagai sebuah bisnis yang berkelanjutan (sustainable). Chief Barbershop, yang awalnya hanya dibuka dengan satu outlet kecil di Selatan Jakarta, kini sudah memiliki tiga cabang dan akan membuka outlet ke empat yang masih berlokasi di Jakarta. Tidak hanya berhenti sampai disitu, Chief Barbershop dengan cepat melakukan brand extension dengan memproduksi produk penata rambut berupa pomade dan berbagai varian lain. Hingga saat ini varian produk dari Chief Barbershop bisa dikatakan yang paling berkembang pesat.
Bukan hanya dari produk saja, Chief juga kerap melakukan acara-acara seperti talk show dan perjalanan yang bisa dikatakan mirip “study tour”, ke luar negri untuk melihat perkembangan barbershop di negara yang lebih dulu mengembangkan industri ini. Inilah yang menjadi perbedaan Chief Barbershop dengan berber lainnya yang hanya memotong rambut pelanggan.
Dan pada awal 11-12 Juni lalu, akhirnya Chief Barbershop berpartisipasi di Barber Connect UK 2017 yang bertempat di The International Centre, Telford, London. Ini adalah eksebisi dan pameran Barbershop paling berpengaruh dan terbesar di Eropa. Ini merupakan pameran barbershop yang mempertemukan ribuan barbershop terkemuka dari seluruh dunia dan memberikan berbagai kesempatan unik bagi para merek barbershop dunia untuk dapat saling berbagi bermacam ide baru melalui kompetisi langsung yang dikemas sangat menarik. Dan Chief Barbershop merupakan satu-satunya yang mewakili Indonesia bahkan Asia di ajang prestisius ini. Ikut serta dalam eksebisi seperti ini tentu saja tidak mudah dan bagi Chief Barber Supplies & Co, ini merupakan kesempatan yang sangat unik dan belum pernah didapatkan oleh barbershop lain di Jakarta maupun Indonesia.
Di eksebisi ini Chief Barber Supplies & Co berlokasi di booth A6 dan memperkenalkan beberapa varian unggulannya yang sudah terkenal di Indonesia seperti Chief Water Based Blue, Solid Black dan Junior. Beberapa varian baru seperti Chief Panthera dan Chief Barbernaut Clay yang merupakan produk inovasi paling terbaru. Dan pasti ini merupakan kesempatan emas untuk Chief Beard Fuel unjukn gigi, mengingat pria-pria Eropa selalu memelihara janggut dalam bagian penampilannya.
Saya pribadi mengikuti perkembangan Chief Barbershop ini dari awal mereka didirikan hingga mendapatkan berbagai penghargaan yang salah satunya adalah Grooming Choice Award pada tahun 2015 dan 2016 dari majalah gaya hidup pria terdepan Men’s Health Indonesia.
Foto dok. Chief Barber Supplies & Co