Kesuksesan monogram Fendi, Givency, Goyard, dan Louis Vuitton mendulang rejeki di peta luxury goods tentu membuat jenama-jenama lain ikut berpikir keras menciptakan monogram yang juga bisa melekat dihati konsumen, sekaligus menjadi identitas yang mudah dikenali. Satu nama yang akhirnya ikut bertarung mengusung monogram adalah jenama Versace, yang baru saja meluncurkan monogram pada presentasi mereka untuk koleksi fall 2021. Bagi Versace yang berdiri sejak 43 tahun lalu, tidak ada kata terlambat untuk meraih sukses dagang, mereka kini resmi memilik monogram yang bernama La Greca. Walau baru, rupa dasar La Greca ini sudah sering dipakai Versace sejak jaman Gianni, namanya Greco, sebuah ragam hias khas bangsa Romawi yang membentuk mata rantai berpusaran segi empat tampak dua dimensi. Sementara La Greca, berupa rangkaian Greco yang direnteng dengan prespektif diagonal dan tampak berkesan 3D (terkadang pada tampilan shadow tertentu ia tampak seperti motif Lereng pada seni batik). Walau monogram baru Versace ini sudah tampak selevel dengan monogram dari luxury brand yang lain, Versace masih perlu ‘menendang’ perkenalan monogram ini dengan cara membuat La Greca dalam bentuk struktur kayu yang sangat besar, dan di dalamnya melengganglah para model dari mulai Gigi Hadid, Bella Hadid, Mona Tougaard, sampai Coco Rocha. Lalu diakhir video fashion tersebut muncullah Donatella Versace. Pada koleksinya sendiri monogram diterapkan ke banyak elemen, seperti ke mini skirt suit, long jacket, coat dress, vest, kemeja, legging, dan celana panjang yang slim. Rancangan yang biasanya sangat super sexy tampaknya kali ini diredam, mungkin agar monogram lebih tampil menjulang ketimbang sensualitas yang biasanya menjuarai. Bagaimana para pecinta monogram Louis Vuitton, Fendi dan Goyard di Indonesia, akankah kalian berpaling?
Foto: VERSACE