Kemeriahan Paris Fashion Week benar-benar di atas puncak segala fashion show yang ada di semua kota di dunia ini. Di tambah lagi dengan perayaan 10 tahun Olivier Rousteing berkarya untuk rumah mode Balmain, satu peringatan kejayaan anak muda (Olivier diangkat menjadi creative director tahun 2011 di usia 25 tahun, dan Olvier pemuda kulit hitam pertama yang memimpin rumah mode legendaris di Paris). Waktu itu Olivier mendapat kritikan pedas, ia dicap vulgar, tak berselera, kadang mirip Chanel, kadang mirip Lacroix. Kritikan yang memang ada benarnya. Tetapi Olivier terus maju dan tumbuh dewasa dalam menyikapi fashion dan menemukan apa yang paling gorgeous untuk rumah mode Balmain yang glamorous dan cool. Keteguhannya pada desain dan glamorama berhasil dicintai Beyoncé hingga Kim Kardashian. Kanye West pun pernah bersedia menjadi bintang iklan Balmain. “Hello Olivier, it’s Beyoncé. Wow, 10 years, I am so incredibly happy to salute you on this special occasion,” ujar rekaman suara Beyoncé yang ditayangkan di hadapan 6000 tamu fashion show.

Karya Ikonik Dari 10 Tahun Berkarya
Di koleksi terbaru ini, Olivier memberikan 114 look womenswear dan menswear. Umumnya berdesain sesuatu yang ketat dan terlilit-lilit yang dikontradiksikan dengan sesuatu yang terburai-burai, kedodoran, dan loose. Hal-hal terlilit diwakili oleh rantai dan mata rantai yang diperbesar dahsyat, hal-hal yang loose diwakili dengan elemen-elemen oversized yang masih digandrungi fashion hingga hari ini. Main mata rantai besar ini ssebenarnya sudah dilakukan JW Anderson di beberapa koleksinya, bedanya Olivier berani membesarkan mata rantai sebesar torso badan. Di bagian akhir, Olivier menampilkan 17 looks hasil remake dari arsip Balmain yang paling ikonik dalam 10 tahun Olivier berkarya, dan dipergakan oleh nama besar seperti Naomi Campbell, Nadia Vodianova, Carla Bruni, Nadege, Mila Jovovich, Maria Carla Boscono, dan Karen Elson.











Foto: Alessandro Lucioni / Gorunway.com