Pernahkah kalian bayangkan kalau ternyata tanpa disadari ada hal-hal yang sudah mewarnai hidup kita, melengkapi selera dan dahaga kita sekian lama? Mungkin salah satunya sajian-sajian yang sudah dipersembahkan oleh Sarirasa Group yang tahun ini merayakan ulang tahun ke-50. Saaat ini Sarirasa Group merupakan perusahaan kuliner terkemuka yang berdedikasi untuk melestarikan, berinovasi, dan merayakan keanekaragaman kuliner Indonesia. Dengan warisan selama lebih dari lima dekade, portofolio merek Sarirasa Group yang beragam mencerminkan komitmen terhadap otentisitas, kualitas, dan keberlanjutan. Mulai dari restoran terkemuka seperti Sate Khas Senayan, Sate & Seafood Senayan, dan Sate Express Senayan di bawah naungan Sate Senayan, hingga inisiatif-inisiatif inovatif seperti TeSaTe, TeKoTe, dan GOPEK House, Sarirasa Group terus mengukir standar keunggulan kuliner sambil tetap menghormati warisan budaya Indonesia yang kaya, melalui komitmen terhadap keberlanjutan dan dampak terhadap masyarakat, Sarirasa Group menjadi pelopor inisiatif-inisiatif seperti Foodiesia, Sarirasa Catering, dan merek non-pangan seperti Sarirasa Origin dan Sarirasa Tanahmula untuk mendorong praktik manajemen sumber daya yang bersifat lingkaran melalui jaringan yang luas. Dengan semangat inovasi kuliner dan dedikasi terhadap pelestarian budaya, Sarirasa Group dengan bangga membagikan rasa dan cerita Indonesia kepada dunia.
Pencapaian penuh selera
Perayaan usia setengah abad dilakukan dengan sederhana tetapi mengenyangkan. Benny Hadisurjo, CEO Sarirasa Group, menyampaikan, “Merayakan ulang tahun ke-50 Sarirasa Group adalah pencapaian besar bagi kami. Ini adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan perjalanan kami, merayakan pencapaian kami, dan melihat ke depan untuk terus berinovasi dan berkembang. Kami berkomitmen untuk membawa budaya dan kuliner Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi, baik di dalam maupun luar negeri.” Perayaan dilakukan dengan mengadakan pameran Gemah Ripah di Atrium Senayan City pada tanggal 8 – 11 Agustus 2024, bekerja sama dengan Swara Gembira. Kemudian memperkenalkan dua unit bisnis baru mereka, yaitu Sarirasa Origin, yang bergerak di bidang budaya dan didirikan pada tahun 2019 dengan tujuan untuk memastikan budaya Indonesia terus berkembang melalui Pelestarian, Promosi, dan Peningkatan.
Tradisi kuliner untuk Go Global
Sarirasa Origin mengakui bahwa tradisi kuliner dan praktik budaya berjalan beriringan dan makanan Indonesia adalah bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kita. Makanan memiliki cerita yang tak ternilai di baliknya, karena mereka membawa sejarah dan adat-istiadat yang tercermin dalam cara mereka diciptakan. Lalu Sarirasa Tanahmula Mencerminkan komitmen Sarirasa Group terhadap keberlanjutan lingkungan. Melalui inisiatif seperti Sarirasa Tanahmula dan program pengelolaan sampah, Sarirasa Group secara aktif berkontribusi pada pelestarian keindahan alam Indonesia. Dengan mengadopsi solusi pengelolaan sampah inovatif, Sarirasa Group berupaya meminimalkan jejak ekologis dan menjaga kelestarian untuk generasi mendatang. Selain fokus pada perayaan ulang tahun ke-50 dan pelestarian budaya serta lingkungan, Sarirasa Group juga memiliki rencana untuk go global dengan membuka outlet di Eropa. Ini adalah langkah strategis untuk membawa cita rasa dan budaya Indonesia ke panggung internasional.