Anjuran Social Distancing bukan berarti Fashion Distancing, kita ini makhluk sosial, masih banyak medium-medium pertemuan yang akan memampangkan diri kita. Ada zoom, facebook, dan Instagram, medium tempat segala prospek kehidupan tumbuh dan berkembang. Seperti dikehidupan nyata, di medium tersebut kita harus berpakaian, plus dalam keadaan seperti saat ini, kita perlu pakaian yang menebarkan rasa optimis, nyaman, dan sikap-sikap positivity. Tetiba muncul satu koleksi resort dari local brand bernama Purana, dengan koleksi yang tampak membantu menenangkan jiwa. Koleksi resort 2020 mempertemukan warna hijau air dan biru air, bagai warna permukaan laguna, warna yang melegakan untuk melewati challenge pandemi yang sama-sama tengah kita hadapi.
Purana Resort 2020 Untuk Wanita Indonesia
“Menurut pengalaman kami, dua warna itu mudah menarik pembeli karena bersifat netral bagi wanita Indonesia yang warna kulitnya bervariasi dari putih hingga kuning langsat dan sawo matang,” ujar direktur kreatif PURANA, Nonita Respati, mengenai alasan sebenarnya pemilihan warna. Ketenangan dua warna ini tampil ke rancangan seperti jumpsuit, dress berformasi outerwear, vest, two-ways kimono, dan palazzo yang lebar, super comfort. Motif graphic beraura retro hasil kolaborasi Purana dengan seniman grafis Taja Sukarya (dikenal dengan karya ilustrasi ‘graphic novella’, dan buku ilustrasi anak-anak ‘I Can Do More’). Berkolaborasi dengan seniman memang sudah menjadi tradisi Purana setiap kali jenama ini meluncurkan satu koleksi baru. “Kami melihat work reference Taja dan terpaku pada satu motif yang menurut kami sangat atraktif,” kata Nonita, yang bersama Taja lalu memodifikasi motif tersebut dan menjadikannya seolah terlihat mengambil inspirasi dari kebudayaan Aztec.
Investasi Seni Dalam Local Brand
Nonita mengisahkan bahwa proses produksi untuk koleksi ini telah berjalan dan selesai sebelum dunia mendeklarasikan situasi gawat COVID-19. Koleksi yang dihasilkan PURANA juga memiliki nilai investasi fashion, karena seri yang selalu berkolaborasi dengan seniman yang kemungkinan di kemudian hari akan berpotensi menjadi seniman besar. Di sisi lain peluncuran koleksi PURANA Resort 2020 ini adalah bagian dari upayanya menjaga kelangsungan perusahaan untuk terus memberdayakan pekerja. “Sejauh ini PURANA sudah membuat program diskon 20 persen untuk new arrivals, maksudnya untuk kembali menggiatkan sales. Bersama banyak jenama lokal lain, kami juga mengikuti gerakan Belanja Brand Lokal yang akan berlangsung pada 25-27 April mendatang,” kata Nonita.
Foto: Purana