IMG telah menjual kepemilikannya atas Miss Universe Organization, kepada JKN Global Media Public Company Limited yang berbasis di Thailand. Hal ini diumumkan langsung oleh JKN pada Rabu, 27 Oktober 2022, dengan mengundang berbagai perwakilan media dari beberapa negara, termasuk Luxina.
The Miss Universe Organization adalah organisasi internasional inklusif yang merayakan dan menghormati perempuan dari semua latar belakang, budaya, dan tradisi, di mana hadir untuk mengadvokasi masa depan yang dikelola oleh perempuan demi kebaikan untuk semua. Pada usianya yang ke-71, MISS UNIVERSE® adalah salah satu kompetisi terlama dan paling banyak ditonton di dunia
Kontes yang telah berlangsung sejak tahun 1952 ini memang telah mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan. Mantan presiden AS, Donald Trump, pernah memegang hak kepemilikan atas organisasi ini sejak tahun 1996 dengan kemitraan siaran awalnya dengan CBS dan kemudian dengan NBC. Pada 2015, organisasi tersebut dijual ke IMG. Sejak menjadi bagian dari IMG, jangkauan global kontes ini telah berkembang dan sekarang disiarkan di 165 negara. Namun kini, babak baru pun menanti organisasi Miss Universe setelah IMG menjualnya kepada JKN.
Mark Shapiro, presiden, WME-IMG atau kini dikenal dengan Endeavour, mengatakan: “Kami bangga dengan keberhasilan tim kami menumbuhkan dan memperluas Organisasi Miss Universe dengan memanfaatkan kekuatan jaringan Endeavour, memanfaatkan keahlian dan bakat di platform digital, konten, kemitraan, dan lisensi. Kami sama-sama bangga dengan kemajuan yang telah dibuat organisasi untuk menjadi platform yang lebih inklusif dan kuat di mana wanita dapat memajukan tujuan bisnis dan pekerjaan berbasis gerakan yang mereka lakukan.”
Nilai finansial untuk kesepakatan itu tidak diungkapkan. Namun, Amy Emmerich dan Paula Shugart akan tetap melanjutkan organisasi ini sebagai CEO dan presiden.
Emmerich berkata: “Kami menantikan babak berikutnya dalam kisah Miss Universe. Sepanjang saya bergabung dengan organisasi, saya telah melihat secara langsung semangat karyawan, pemegang waralaba, dan mitra kami, serta komunitas kami yang luar biasa. Paula dan saya melihat peluang luar biasa dengan JKN untuk menciptakan pertumbuhan lebih lanjut bagi organisasi ini di panggung global dan perempuan di seluruh dunia. Meskipun baru-baru ini merayakan warisan organisasi selama lebih dari 70 tahun, kami merasa baru saja memulai.”
JKN Global Group Public Company Limited dan anak perusahaannya adalah sekelompok perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha penyediaan layanan dan distribusi konten berhak cipta di berbagai stasiun televisi.
Pengumuman hari ini, bersama dengan perubahan aturan terkini yang membuat cakupan kompetisi menjadi lebih luas, semakin mendorong komitmen organisasi terkait terhadap inklusivitas, dengan Chief Executive Officer JKN Global Group Anne Jakapong Jakrajutatip menjadi perempuan pertama pemilik The Miss Universe Organization. Transisi ini memperluas portofolio properti penyiaran dan media global JKN di seluruh produksi hiburan dan produk konsumer.
Anne Jakapong Jakrajutatip, mengatakan: “Kami merasa sangat terhormat dapat mengakuisisi The Miss Universe Organization dan bekerja dengan tim kepemimpinan visionernya. Jangkauan global organisasi, hubungannya dengan mitra dan merek global, dan kekayaan konten, lisensi, dan peluang merchandising menjadikan ini sebagai tambahan yang kuat dan strategis untuk portofolio kami. Kami berusaha tidak hanya untuk melanjutkan warisannya dalam menyediakan platform bagi individu yang memiliki semangat dari beragam latar belakang, budaya, dan tradisi, tetapi juga untuk mengembangkan merek untuk generasi berikutnya.”