Persoalan sustainability ternyata bukan hanya menjadi tantangan di industri fashion. Tapi juga di industri otomotif. Kini yang ditawarkan bukan hanya kenyamanan dan inovasi desain dari sebuah mobil mewah tapi juga bagaimana membuat pemilik mobil merasakan sustainability mobil tersebut, secara simultan. Dan Mercedes Benz dengan bangga mengumkan langkah sustainable yang sudah mereka lakukan dan bahkan akan berinovasi. Pada konferensi pers-nya pada IAA di Frankfurt Internasional Motorshow 2019 awal minggu ini.
Sustainable yang akan dijalankan oleh Mercedes Benz adalah masa depan mobilitas, termasuk srategis bisnis dan produk. Bagaimana Mercedes Benz mempertahankan posisi sebagai produsen mobil mewah terkemuka di dunia. Yang dengan kata lain disebut sustainable luxury. Mercedes Benz dengan koleksi Vision EQS, menghadirkan 19 kendaraan lain untuk pertama kalinya di hadapan publik.
“Untuk pertama kalinya, kami mengembangkan platform elektronik terbaru yang secara ekslusif akan memenuhi kebutuhan mobil mewah berukuran sedang dan besar, serta memanfaatkan sepenuhnya semua peluan yang ditawarkan oleh teknologi ini,” kata Ola Källenius, Chairman Of The Board of Management Daimler AG dan Head of Mercedes-Benz Cars, pada saat konferensi pers.
Visi EQS terbaru yaitu “One-Bow Design”, yang artinya adalah satu garis yang jelas, satu lengkungan busur yang mendefenisikan seluruh bentuk. Yang mana ini terlihat sangat sederhana dan praktis. Mercedes Benz percaya bahwa bentuk kemewahan modern itu bukan lagi sesuatu kemewahan yang tengible. Tapi lebih pada sesuatu yang tersirat dan itu adalah penyederhanaan.
Seperti trend fashion juga, dimana setiap orang kini berharap bisa memakai pakain dengan semudah mungkin, dengan cara se-sederhana mungkin, tapi dengan efek “wow” yang maksimal. Begitu juga dengan Mercedes Benz, yang percaya akan kemewahan modern bukan lagi hadir dari sebuah “kemewahan” mainstream.
Foto dok. Mercedes Benz