Kalau sering berkunjung ke Paris dan mengeksplorasi toko-toko dan tempat belanja Paris, pasti tahu jenama AMI Paris. Label lokal Paris ini semakin tahun semakin bersinar dan mengglobal. Desainernya, Alexandre Mattiussi, kemarin di hari pertama Paris Men’s Fashion spring/ summer 2020 merayakan fashion show ke 16 alias tahun ke delapan jenama ini eksis di dunia Fashion.
Mattiussi, yang pernah bekerja untuk departemen menswear Dior Homme dan Givenchy, memiliki garis desain minimalis tapi dengan detil tersembunyi dan berkualitas internasional. Dan tidak bergaya street fashion. Label ini sebenarnya dikenal dengan koleksi outerwear dan sweater nya yang sangat baik dari sisi desain dan kualitas. Selalu bermain dalam palet warna terbatas untuk setiap koleksi sehingga ini memudahkan padu-padan untuk pria yang bahkan tidak familiar dengan fashion trend. Mattiussi pernah berkata pada sebuah wawancara untuk BOF (Business Of Fashion) bahwa ia hanya ingin membuat sweater yang bagus dan berkualitas untuk pria yang mana mereka bisa memakainnya tanpa mengenal musim.
Koleksi spring/ summer 2020 dihadirkan Mattiussi dalam palet warna hitam, putih, krem, pink boudoir dan merah. Semua dibuat dengan teknik styling color-blocking yang mudah diaplikasikan. Variasi jaket, overcoat, trench coat, blouson dan biker jacket semua dibuat dalam satu warna. Ada motif kotak gingham tapi hanya pada trench coat itupun dibuat dalam warna hitam putih. Celana dibuat dalam dua versi, longgar dan tappered berpotongan lurus mengikuti bentuk kaki. Stelan jas hitam dan khaki juga dibuat longgar tanpa bantalan bahu.
Material wool, katun poplin, rajut, kasmir dan kukit divariasikan dalam sweater, kemeja hawaii bermotif, trench coat, jaket dan celana. Dengan sepatu lace-ups pointy bergaya Italia dan boots yang semua dibuat dari kulit.
AMI Paris adalah salah satu label baru yang berhasil menembus pasar global dengan stockist di Hongkong, Jepang, Amerika dan butik di Paris. Ini adalah salah satu jenama yang mungkin bisa menjadi contoh untuk label baru atau yang ingin membuat label baru. Pengalaman selama bekerja untuk rumah mode besar tentu saja mengajarkan banyak hal yang tidak ada di bangku sekolah. Sekolah memang penting, tapi menggali ilmu dari pengalaman juga memiliki harga yang tak ternilai.
Foto: NowFashion