Koleksi pria Louis Vuitton untuk musim gugur/ dingin 2019/ 2020 yang dipresentasikan pada Januari lalu di Paris, mengambil gaya panggung superstar Michael Jackson. Namun siapa sangka, nama besar Michael Jackson justru berbalik menyerang megabrand tersebut dengan ditayangkannya sebuah film dokumenter produksi HBO yang berjudul Leaving Neverland.
Virgil Abloh, sebagai direktur kreatif untuk koleksi pria Louis Vuitton, yang baru diangkat pada 2018, dikutip dari WWD.com (Womens Wear Daily), lewat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh Louis Vuitton, “Niat saya pada koleksi ini hanya ingin mengangkat Michael Jackson sebagai seniman pop kultur, yang mana ia sangat berpengaruh pada setiap generasi dan banyak desainer”.
Leaving Neverland sendiri adalah film dokumenter mengenai dua orang pria yang pada masa kecilnya memiliki pengalaman seksual dengan sang superstar. Film dokumenter ini diputar di Sundance Film Festival, satu minggu setelah pagelaran fashion show Abloh di Paris pada Januari lalu. Terdiri dari dua bagian, dan bagian pertama sudah ditayangkan di stasiun tv Amerika Serikat, Channel 4 dengan durasi lebih dari dua jam.
Lewat pernyataan yang sama yang diberikan Louis Vuitton pada WWD, CEO Louis Vuitton, Michael Burke menyatakan, “Kami menduga film dokumenter ini sangat mengganggu dan bisa menjadi masalah. Dan kami berkomitmen untuk menginvestigasi masalah ini”. Dalam pernyataan tersebut, Louis Vuitton juga menambakan tidak akan memproduksi koleksi yang berkaitan dengan Michael Jackson ini.
Presentasi Virgil Abloh untuk koleksi pria Louis Vuitton pada 17 Januari lalu di Paris, mengambil setting daerah pinggiran New York yang kumuh seperti setting video musik Michael Jackson yang berjudul Bad. Lokasi show berada di taman Tuileries yang terletak di tengah kota Paris, dengan membangun tenda yang dipenuhi dengan graffity pada dinding penutupnya. Bahkan undangan fashion show yang dikirimkan pada jurnalis berupa sarung tangan putih bertabur kristal pada bagian depan dengan tulisan lokasi acara pada bagian belakang.
Louis Vuitton adalah brand yang dikenal dan identik dengan perjalanan. Bahkan brand ini juga yang membangun awareness tentang “The Art Of Travel” sebagai bagian dari gaya hidup. Travel tidak bisa dipisahkan dari Louis Vuitton. Dan korelasi antara travel dan penampilan panggung Michael Jackson sepertinya agak sulit dicerna.
Luxina sempat mengambil video fashion show dan video koleksi secara lengkap di Paris yang bisa ditonton di IGTV Luxina.id .
Foto: Luxina.id & Louis Vuitton