Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) kembali menggelar tujuh acara perdagangan produk gaya hidup dan kreatif mulai hari ini hingga 30 April. Home InStyle dan Fashion InStyle dibuka hari ini di Hong Kong Convention and Exhibition Centre (HKCEC).
Luxina berkesempatan hadir langsung untuk meliput acara tahunan yang menjadi salah satu kegiatan pameran terbesar di Asia ini. Dalam kegiatan selama empat hari ini, terdapat berbagai zona tematik yang menarik, yang diikuti lebih dari 2.200 exhibitor atau peserta pameran dari 17 negara dan wilayah, termasuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, Taiwan, Australia, Bangladesh, India, Indonesia, Jepang, Korea, Luksemburg, Nepal, Pakistan, Filipina, Polandia, Arab Saudi, Sri Lanka, dan Thailand, yang semuanya bertujuan mempromosikan Hong Kong sebagai platform bisnis internasional untuk produk gaya hidup dan industri kreatif.
Sophia Chong, Wakil Direktur Eksekutif HKTDC, menyatakan, “Untuk mengikuti tren pasar terkini, HKTDC telah mendesain ulang beberapa pameran kami di bulan April, termasuk menggabungkan Hong Kong International Home Textiles and Furnishings Fair ke dalam Home InStyle untuk menciptakan sinergi lintas industri. HKTDC selalu berkomitmen untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan di kalangan komunitas bisnis. Tahun ini, Home InStyle menampilkan banyak produk yang sejalan dengan langkah-langkah ‘bebas plastik’ pemerintah SAR Hong Kong, sementara Fashion InStyle memamerkan teknologi dan produk ramah lingkungan, dan meluncurkan zona Certification and Trade Services baru untuk menyediakan layanan akreditasi keberlanjutan. Kedua pameran ini juga memberikan label ekologis bagi peserta pameran yang menjual produk hijau, membantu industri mempromosikan dan mencari produk dan solusi ramah lingkungan.”
Home InStyle Menampilkan Kerajinan Tradisional dan Produk Ddesainer Pemenang Penghargaan
Tahun ini, Home InStyle mengumpulkan 1.750 peserta pameran dari 16 negara dan wilayah, termasuk peserta pameran baru dari Arab Saudi dan Sri Lanka. Pameran ini juga menampilkan 12 paviliun, menghadirkan furnitur rumah dengan elemen budaya dari Tiongkok Daratan, Taiwan, India, Jepang, dan Thailand. Paviliun Taiwan menampilkan berbagai kategori produk, termasuk peralatan dapur, cangkir kopi, hiasan interior, dan produk luar ruangan, sementara Paviliun India memamerkan tekstil rumah tangga dan produk dekorasi rumah.
Cultural and Creative Corner yang banyak diminati menampilkan lebih dari 50 peserta pameran dan merek desain dari Tiongkok Daratan, Hong Kong, Taiwan, Jepang, dan Filipina, termasuk debut dari Shanghai Industrial Design Association (Booth: 3C-B28), yang memamerkan produk-produk unggulan dari Shanghai Design 100+; sementara prefektur Ibaraki, Aomori, dan Yamagata dari Jepang memamerkan kerajinan tradisional seperti keramik, porselen, dan barang-barang kerajinan lak dari kayu; Hong Kong Design Institute (Booth: 3C-B05) menampilkan peralatan makan Yuen Sek yang dirancang oleh desainer lokal Alvin Liu, yang telah memenangkan Penghargaan Red Dot: Best of the Best 2021, Penghargaan Emas dalam kategori Desain Budaya dan Kreatif dari Wenzhou International Design Biennale 2020, dan Penghargaan Perunggu Hong Kong Smart Design Awards 2021. Desainnya terinspirasi dari pengalaman makan Cina, menggabungkan ergonomi, fungsionalitas, dan estetika.
Cultural and Creative Corner telah mengundang PANTONE sebagai Mitra Warna untuk memberikan rekomendasi dalam kurasi zona tersebut. Penerbit buku seni ternama TASCHEN juga menghadirkan perpustakaan gaya hidup di acara tersebut.
Beberapa Zona Memamerkan Berbagai Produk Rumah Tangga
Zona unggulan, Hall of Elegance, menampilkan merek-merek desainer terkenal seperti Topchoice (Booth: 1D-D03), Ucome (Booth: 1D-C02), Amercook (Booth: 1E-B02), AmVegan (Booth: 1E-B02), dan Azuda (Booth: 1E-A03). Zona Green Living menyoroti peralatan rumah tangga hijau yang populer sementara zona Pet Supplies memamerkan merchandise inovatif dan modern untuk pecinta hewan.
Home InStyle juga memperkenalkan zona-zona baru yang fresh tahun ini yang tidak boleh dilewatkan, termasuk Home Textiles dan World of Fine Textiles. Zona-zona luar biasa ini membawa barang-barang rumah tangga dan tekstil dari merek-merek desainer dengan gaya dan kualitas yang menakjubkan. Peserta pameran debut dari Sri Lanka, Phoenix Industries Limited (Booth: 3D-E01), produsen terbesar produk plastik di negara tersebut dan pemenang penghargaan barang konsumen dan kemasan yang berkelanjutan, mempresentasikan perabotan dan peralatan rumah tangga berkualitas tinggi di zona Furniture.
Fashion InStyle Menghadirkan Zona Baru: Certification and Trade Services, Mendukung Teknologi Fashion yang Berkelanjutan
Sebagai acara pemasok fesyen dan tekstil terkemuka di Asia, Fashion InStyle tahun ini mengumpulkan lebih dari 450 peserta pameran dari 10 negara dan wilayah, termasuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, Taiwan, Australia, India, Indonesia, Jepang, Korea, Luksemburg, dan Thailand. Zona Certification and Trade Services baru diluncurkan untuk menyediakan layanan sertifikasi dan konsultasi, termasuk desainasi berkelanjutan.
Zona Fashion Tech memamerkan teknologi-teknologi mutakhir dalam produksi dan pemasaran pakaian. Nano and Advanced Materials Institute menampilkan berbagai material tekstil fungsional, termasuk serat aerogel berkelanjutan yang sangat ringan dan sangat hangat yang dapat dirajut dengan serat wol untuk menghasilkan kain ringan dengan sifat insulasi termal yang luar biasa. Zona-zona lain yang menonjol meliputi Athleisure, Fashion Accessories, Urban Chic, Designer Spotlight, Kid’s Wardrobe, dan Bazaar Material.
Salah satu Exhibitor asal Indonesia adalah Universitas Ciputra (Booth 3G-B36), menampilkan tujuh disainer muda Tanah Air alumni Universitas Ciputra Surabaya jurusan Fashion Design Business. Selain mengikuti pameran, mereka juga tampil pada gelaran fashion show bertema Revival yang dilaksanakan pada 21 April 2024 di HKCEC Hall 3FG Stage.
Berbagai Kegiatan Menarik Menyoroti Tren Pasar dan Peluang
Seminar, Buyers forum, demonstrasi produk, dan parade mode membantu industri memahami peluang pasar dan tren produk yang akan datang. Hari ini, Albert Chan, Kepala kantor Greater China di Coresight Research, dan Nicholas Fu, Ekonom (Global Research) di HKTDC, berbagi insight tentang pasar pakaian ritel dan tren konsumen dalam Fashion Outlook and Forecast. Pada seminar Silver Symphony: Orchestrating Opportunities in the Growing Market pada Senin (22 April), Aaron Lee, Direktur Teknik Industri dan Strategi Pemasaran BNET TECH, Lawrence Lui, Co-founder & Executive Director, Longevity Design House, dan para ahli industri lainnya akan menjelajahi potensi bisnis yang luas di silver economy yang berkembang pesat. Seminar dan kegiatan lainnya fokus pada berbagai topik seperti keberlanjutan, teknologi mode, pemikiran desain kreatif, dan silver economy. Pet X Fashion Parade, yang digelar bersama antara Home InStyle dan Fashion InStyle, akan memamerkan desain pakaian trendi dan beragam produk hewan peliharaan.
Model Pameran+ HKTDC mengintegrasikan elemen offline dan online di pameran. Buyers dapat terus mencari produk dan layanan di platform hktdc.com, dan menjalin networing melalui platform pencocokan bisnis cerdas Click2Match. Selama pameran fisik, pembeli dapat menggunakan fungsi Scan2Match dari Aplikasi HKTDC Marketplace untuk memindai QR code eksklusif exhibitor atau peserta pameran, menandai supplier favorit mereka, menelusuri informasi produk, dan melanjutkan diskusi dengan exhibitor secara online selama atau setelah acara berlangsung.