Pameran perhiasan yang diselenggarakan oleh Hong Kong Trade Development Council atau HKTDC tahun ini benar-benar menyerap perhatian penggiat industri perhiasan dunia. Dari antusiasme buyer dan eksibitor, yang datang dari berbagai penjuru dunia membuat bisnis perhiasan bergerak lebih cepat dari sebelum pendemi. Event yang diadakan di Hong Kong Exhibition & Convention Centre dari 1 sampai 5 Maret mendatang ini juga di hadiri oleh Luxina, yang ekslusif diundang oleh HKTDC untuk menyksikan langsung bergraknya ekosistem industri perhiasan dunia.
Italy, India, Jepang, Korea, Cina, Singapura, adalah sedikit dari negara yang berpartisipasi pada event besar ini. Masing-masing negara membawa kekuatannya dalam bidang perhiasan, baik dari material mentah hingga hasil akhir berupa perhiasan. HKTDC bahkan melengkapi eksebisi ini dengan berbagai ekspedisi pengiriman untuk mempermudah transaksi antara buyer dan esibitor, hingga regulasi pemerintah Hong Kong yang mempermudah untuk mewujudkan transaksi tersebut.
Yang paling menarik adalah, bahwa perhiasan adalah kebutuhan sekunder, bahkan tertier. Tapi melihat antusiasme ini, seolah ini adalah kebutuhan primer. Tak lain karena industri ini menghasilkan bisnis yang besar dan menjanjikan bagi penggiatnya. Hal menarik lainnya adalah, industri ini memiliki kebiasaan yang berbeda dari industri fashion yang serba “show off”, terutama di media sosial. Perhiasan hampir sama dengan industri jam tangan dan seni, yang bersifat lebih “descreet” dan rahasia. Apa karena desain dan harga? Apapun itu, bisnis perhiasan adalah bisnis yang tidak pernah mati.