Melihat persaingan perhotelan dan hospitality yang semakin meningkat dengan chain franchise, penggiat industri lokal juga mengambil posisi untuk bermain di peta hospitality Indonesia. Mora Group, sebuah group hospitality Indonesia yang baru diresmikan pada bulan Juli ini, mengundang Luxina untuk menikmati salah satu brand terbaru, Hotel Morazen, di Surabaya, salah satu dari property Mora Group yang tersebar di Indonesia hingga Jepang.
Mora Group yang merupakan group baru di bidang perhotelan ini, secara nama adalah baru namun ditangani oleh tangan dingin nama-nama berpengalaman di industri hospitality Indonesia. Hotel yang tersebar dari Jawa Timur, Kalimantan Selatan dan Jepang, merupakan hasil jejaring besar Mora Group untuk menyatukan semua dalam bendera Mora dengan model pelayanan terbaik yang ada di dunia perhotelan. Peresmian Mora Group yang berlangsung di Morazen, Surabaya pada 31 Juli, dipimpin oleh CEO dan Founder MORA Group, Andhy Irawan dan dihadiri oleh 200 tamu dari berbagai industri, termasuk mitra strategis dari Select Hotels Group Jepang serta Qin Group Banjarbaru yang mengusung konsep hotel Muslim-friendly.
Peresmian MORA Group ini tidak hanya menandai babak baru dalam industri perhotelan di Indonesia tetapi juga memberikan dampak signifikan terhadap sektor pariwisata nasional. Dengan adanya kerjasama bersama Select Hotel Group Jepang dan Qin Group yang kental dengan konsep Muslim-friendly, MORA Group bertujuan untuk meningkatkan standar pelayanan dan memperkenalkan pengalaman perhotelan inovatif yang dapat memenuhi berbagai preferensi budaya. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik Indonesia sebagai destinasi wisata global yang unggul, baik bagi wisatawan lokal maupun internasional.
Andhy Irawan, CEO dan Founder MORA Group, menyatakan bahwa dengan visi MORA Group yaitu “To be the first choice of trusted hospitality management”, kami telah menandatangani kerjasama strategis dengan mitra-mitra internasional seperti Select Hotels Group dari Jepang yang sudah berdiri sejak tahun 2005 dan di tahun ke empat belas ini Select Hotels Group sudah memiliki 50 unit hotel di Jepang dari kategori bisnis sampai luxury, serta Qin Group dari Banjarbaru dengan 2 unit hotel pada kategori bintang tiga dan bintang empat, serta yang saat ini juga sedang dalam proses pembangunan hotel kategori bintang lima dengan konsep muslim friendly di Kalimantan Selatan, Samarinda, dan Solo.
Nakamura, CEO dan Founder Select Hotel Japan, menambahkan, “Kami melihat potensi besar di Indonesia dan dengan kemitraan ini, kami berharap dapat membawa nilai-nilai keunggulan layanan Jepang ke pasar di Indonesia yang dinamis ini. Adapun unit hotel yang sedang kami proyeksikan yaitu dengan nama KANRAKU, dimana konsep hotel ini akan memberikan tamu-tamu di Indonesia sebuah pengalaman menginap seperti sedang benar-benar di negara Jepang.” Haji Norhin, CEO dan Founder Qin Group, juga menyampaikan, “Kemitraan ini membuka peluang baru untuk menyajikan layanan perhotelan yang ramah bagi wisatawan Muslim di Indonesia. Kami juga sudah mulai menjajaki beberapa wilayah di Maroko dan Madinah atas perencanaan eskpansi bisnis dari Qin Group”
Nama MORA sendiri diilhami dari empat pilar utama yaitu Meaningful, Optimism, Responsible, dan Adaptive. MORA Group berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang bermakna, menciptakan optimisme di kalangan mitra bisnis, tamu dan tentunya seluruh karyawan, bertanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas, serta beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan di industri perhotelan. MORA Group juga memulai perkuatan pilar-pilar unit bisnis nya pada bulan Januari 2024 lalu berkonsep hotel premium up-scale dengan nama MORAZEN yang saat ini sudah beroperasi di Surabaya dan Yogyakarta, serta konsep exclusive mid-scale dengan nama HEMORA dan economic plus dengan nama LAMORA. MORA Group juga sudah menjajaki kerjasama dengan investor untuk masuk di kota Bandung, Jakarta, Surabaya, dan Banyuwangi dengan brand LAMORA dan HEMORA tersebut.