Babak baru jenama asal Switzerland, Bally, dimulai kembali. Direktur desain yang baru, Simone Bellotti, mempersembahkan koleksi debutnya pada bulan September lalu di Milan, di sebuah taman di kota Milan, dalam pekan Milan Fashion Week spring/ summer 2024. Koleksi ini merupakan refleksi dari kekayaan warisan Bally yang dituangkan Bellotti dalam ragam pengaruh desain dan campur tangan trend yang terjadi di kota Zurich, salah satu kota paling luxury di dunia, hingga gaya berplesir ke gunung, menginap di lodge mewah dan ski resort, yang merupakan bagian dari gaya hidup budaya masyarakat Swiss.
Bellotti meletakan prinsip desain klasik Bally di atas segalanya pada koleksi ini, yang kemudian ia suntikan dengan gaya hidup modern. Yang ia mulai dari sebuah kota eksotik di pinggir danau Maggiore, Monte Verità, Ascona, yang letak danau ini berbatasan dengan Italy dan penduduknya memiliki selera berpakaian yang sejajar dengan intelektualnya, yang bercampur dengan kreatifitas, sehingga terlihat sangat menarik dan unik. Dari sini, Bellotti membangun koleksi serba minimalis dengan siluet yang sederhana, dengan warna-warna yang pasti sangat dipakai untuk sehari-hari, tapi sarat dengan craftsmanship tingkat tinggi yang sudah menjadi bagian dari masyarakat Swiss, yaitu hanya membeli produk terbaik dengan kualitas terbaik. Yang mana ini akan bermuara pada kenyamanan pemakaian hingga durasi masa pakai yang tidak kadaluarsa.
Untuk menghindari kebosanan dan membuat koleksi lebih mudah diterima oleh generasi muda, Bellotti menyuntikan elemen playful dengan malu-malu. Seperti warna merah khas Bally yang kontras diantara warna-warna tanah dan motif strawberry dan bery-bery-an, yang tumbuh subur di Switzerland dan dipanen saat awal musim panas. Di antara material luxury yang dipakainya, tentu saja material kulit yang menjadi bintang utama pada koleksi ini, bersinar terang. Pada koleksi tas dengan desain baru, seperti satchel bag, shooulder bag, briefcase, hand bag hingga berbagai jenis sepatu, termasuk boots, yang merupakan “must have” item dari Bally.
Era baru Bally ini seolah memberikan harapan yang lebih cerah dengan inovasi desain yang dilakukan Bellotti. Mengingat generasi muda saat ini juga haus dalam mencari dan menggali ide kreatif dari masa lalu yang kemudian diwujudkan dengan interpretasi masa kini yang lebih relevan, koleksi ini merupakan bagian dari hal tersebut. Dan juga mengedukasi generasi sekarang, bahwa menjaga warisan leluhur, di sini dalam bentuk craftsmanship dan desain fashion, akan membuat kualitas selera semakin meningkat. Persis seperti apa yang ingin disampaikan oleh Bellotti lewat inspirasinya dari Monte Verità.