Hong Kong yang merupakan jembatan bisnis antara Asia dengan Eropa dan Amerika yang sepertinya akan susah tergantikan. Kekuatan komoditi bisnis finansial negara persemakmuran Inggris Raya ini berkembang pesat pada bisnis lain yang menghubungkannya dengan benua lain di dunia. Termasuk bisnis fashion dengan segala elemennya yang sangat menjanjikan bagi Eropa dan Amerika. Mengingat kontribusi perdagangan fashion dunia kini di dominasi oleh pasar Asia. Dan untuk ini Centrestage Hong Kong dihadirkan.
Pemerintah Hong Kong lewat Hong Kong Trade Development Council (HKTDC), untuk yang keempat kalinya mengadakan sebuah Centrestage, Asia Fashion Spotlight pada 3 – 7 September lalu. Luxina yang diundang ekslusif sebagai satu-satunya media dari Indonesia, diajak melihat bagaimana bisnis fashion dan gaya hidup diolah dalam ajang trade fair ini agar mendapat perhatian di belahan bumi lain. Dimana perdagangan kini sudah mengambil langkah besar untuk masuk ke ranah gaya hidup dengan cara penyajian yang lebih mudah diterima oleh masyarakan modern.
Lokasi yang dipilih tentu saja adalah lokasi kebanggaan dan paling prestisius, Hong Kong Convention Centre yang luas dengan lokasi yang sangat strategis. Kurang lebih eksibitor dari Asia seperti Jepang, Korea, India, Vietnam dan Cina, ikut serta dalam ajang ini bersama beberapa negara Eropa dan Australia lainnya. Berbagai eleman fashion mulai dari pakaian siap pakai, pakaian olahraga, sepatu hingga aksesori di pamerkan dengan ide-ide kreatif modern terkini. Dan eksibitor juga diberikan tempat dan waktu untuk mempersembahkan koleksinya dalam bentuk fashion show. Yang mana, unsur bisnis terlihat sangat kental dari semua acara yang dibuat, karena pesan ini yang ingin disampaikan. Bukan hanya sekedar sebagai hiburan dan tontonan peragaan.
Hal lain yang sangat menarik adalah seminar dan talk show yang menghadirkan nama-nama besar dan berpengaruh di dunia fashion global. Altuzarra (desainer Amerika) dan Mihara Yasuhiro (desainer cult Jepang), dihadirkan untuk berbagi pengalaman selama menjalani karir sebagai desainer dan berada di lingkungan fashion global. Yang mana ajang ini juga membuat pengunjung untuk bebas melakukan networking sebesar-besarnya dengan setiap orang dalam industri yang berbeda.
Centrestage sebenarnya hampir sama dengan trade fair lain, tapi daya tarik Asia yang kini sangat besar, membuat event ini menghadirkan berbagai brand berbeda dan baru. Karena disini, HKTDC ingin mengangkat penggiat kreatif baru yang berkualiatas internasional untuk segera mendapat perhatian dari palaku bisnis fashion global. Centresatge sendiri juga banyak melakukan kerjasama dengan berbagai institusi lain dalam mencari desainer bibit baru dengan mengadakan berbagai kompetisi bersekala global dan internasional.
Foto dok. HKTDC