Banyak pemain bisnis ritel berlomba-lomba memberikan layanan terbaik untuk konsumen. Sebab, siapa yang berhasil memenangkan hati pelanggan mereka yang keluar sebagai pemenang.
Diamondfair, anak perusahaan Diamond Group yang berfokus pada bisnis ritel online-offline, saat ini sedang giat melakukan berbagai inovasi di tengah kepungan strategi bisnis yang dilakukan kompetitor.
Diamondfair sendiri, adalah nama toko yang menjual berbagai barang produksi milik Diamond Group, seperti susu segar, susu UHT, es krim, jus, yoghurt dan masih banyak lagi produk lainnya.
Untuk lebih memperkenalkan brand mereka, Diamondfair kemudian melakukan banyak aktivasi below the line. Salah satunya menggelar bazaar atau kegiatan pasar murah. Hal ini dirasa efektif mencuri perhatian masyarakat, yang kemudian mengarahkan mereka untuk datang berbelanja.
Melissa Huang, Direktur PT Diamondfair Ritel Indonesia menjelaskan, “Event ini membawa banyak keuntungan. Sudah harga di toko kami memang bersaing, saat bazaar kami tambahkan dengan diskon-diskon menarik. Efeknya, konsumen datang berbondong-bondong.”
Bazaar Diamondfair pertama, digelar Juni 2022. Saat itu, hanya digelar sebulan sekali dan acaranya hanya berlangsung satu hari. Kala itu, pihak manajemen ingin melihat animo masyarakat terlebih dahulu. Karena sukses, akhirnya kegiatan banjir diskon tersebut ditambah menjadi tiga hari dalam sebulan.
Tidak hanya itu, kalau awalnya bazaar Diamondfair hanya digelar di satu toko, kini kegiatan tersebut dihelat sekaligus di tiga toko. Harapannya, dengan semakin banyak orang datang ke bazaar, semakin luas awareness terkait hadirnya bisnis ritel milik Diamond Group itu di mata publik.
“Dalam bazaar ini, kami memberikan potongan harga menarik untuk es krim, susu, dan produk Diamond lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, konsumen bisa mengikuti Instagram kami di akun Diamondfair Indonesia. Bazaar Diamondfair terdekat, adalah yang kami gelar di tanggal 29 September – 1 Oktober 2022 di toko Diamondfair Ancol-Jakarta, Cibitung-Bekasi dan Sidoarjo-Jawa Timur,” terang Melissa.
Menguntungkan Konsumen
Dibanding kompetitor, Diamondfair sendiri memiliki kelebihan dari sisi kualitas produk dan penetapan harga. Karena produk yang dijual adalah barang yang didominasi milik Diamond sendiri, wajar jika kemudian banderol harganya jadi lebih bersahabat.
Hal ini tentunya menguntungkan konsumen, karena publik jadi bisa mendapatkan produk berkualitas plus harga bersaing. Manajemen Diamondfair percaya, marketing word of mouth adalah strategi yang paling baik. Sebab konsumen yang senang akan bercerita ke teman-temannya yang lain.
Sejauh ini kehadiran Diamondfair mendapat sambutan baik di tengah masyarakat. Sebab kian lama, ada banyak pembeli lepasan yang berubah menjadi pelanggan tetap. Bagi yang menjadi member, dalam setiap pembelian mereka akan mendapatkan poin. Poin ini yang jika mencapai level tertentu, nantinya dapat ditukarkan hadiah.
“Untuk memperluas jangkauan Diamondfair, kami saat ini membuka 39 toko yang tersebar di seluruh kota besar Indonesia. Ke depan, kami masih akan terus membuka lebih banyak toko, terutama di Jabodetabek. Dan bazaar Diamondfair, perlahan akan digelar di masing-masing lokasi tersebut,” tutup Melissa.