Albertaa Ferretti salah satu jenama Italia yang sejak berdiri selalu mempertahankan karakter desain yang stylish, serasi untuk bersosialisasi dalam high-tea, berkiblat ke red carpet situation, pendeknya koleksi Alberta Ferretti tak akan match untuk singgah sebentar ke McD atau Kentucky. Off beat. Namun belakangan ini (kira-kira secara gradual sejak koleksi resort 2019) Alberta Ferretti mulai menggeser target market yang lebih segar, yaitu kelompok Gen Z (termasuk senior-senior yang berjiwa Gen Z), yang mendewakan keriaan Coachella sebagai barometer kemeriahan hidup. Target yang seru, walau berkemungkinan mencederai loyal customer Alberta Ferretti yang seangkatan Heidi Klum. But who care, secara Dua Lipa dan Hailee Steinfeld sudah terbalut rancangan Alberta Ferretti di kesempatan panggung musik.
Semerbak Fashion 70s
Pada koleksi spring 2020 yang dipresentasikan di Milan Fashion Week ini, Alberta Ferretti mempersembahkan inspirasi gaya hippe untuk kaum Gen Z yang tidak merasakan semerbaknya fashion di tahun 70an. Tentu dibuatnya serba longgar, mudah dikenakan, dan serba ready untuk dipakai private party sampai bergoyang di festival di konser Lizzo atau Cardi B. Aksen utama kali ini adalah tie dye, diterapkan pada bahan denim yang berwarna oranye, merah, dank rem. Sisi ikatan celupnya berwarna blue denim, sehingga celana baggy, kemeja, dan overall tidak terlalu menjadi folkloric. Kemeja-kemeja motif stipe bergaya Gypsy dikenakan dengan rok mini dan celana panjang dari bahan suede, sangat cool. Kaftan-kaftan ala Talitha Getty (sosok ikon Hippie) dibuat dari bahan sutra transparan.
Foto: Regis Colin for NOWFASHION