Untuk pertama kalinya, sejak Clare Waight Keller menjabat sebagai direktur artistik, Givenchy melakukan fashion show mandiri untuk koleksi pria. Dan debut ini berlangsung di pekan Pitti Uomo 96 Florence, tadi malam 12 Juni 2019, untuk koleksi spring/ summer 2020.
Dan untuk pertama kali pula, Givenchy berkolaborasi dengan sneakers asal Jepang, Onitsuka Tiger. Ini juga pertama kali untuk Onitsuka berkolaborasi dengan jenama fashion dalam skala global.
Yang terlihat jelas dari show yang diadakan di taman Villa Palmieri, Florence ini, Keller mencoba memadukan unsur tailoring dengan sportswear. Dominasi stelan jas dengan siluet longgar menjadi andalan disini. Kemeja, jaket dan parka semua berpotongan longgar. Termasuk celana. Dengan vibe styling akhir 90-an dan awal 2000-an dimana era internet dan pesta rave baru saja di mulai.
Sepertinya warna biru cerulean akan menjadi menjadi warna wajib tahun depan, seperti yang juga hadir disini (dan beberapa desainer lain), pink pucat dan biru muda. Yang mana ini muncul diantara hitam, putih dan abu-abu layaknya palet warna pakaian pria. Keller juga mengangkat motif flora Givenchy pada jaket blazer, kemeja dan celana dengan kombinasi warna abu-abu kuning pucat. Dan semua ini diakhiri dengan finishing sneakers Onitsuka Mexico 66 GDX yang hadir dalam dua variasi.
Tas selempang berukuran persegi kecil, holdall, ransel besar dan tas tangan yang mirip tas lunch box menjadi aksesoris baru pria yang dikeluarkan Keller. Tas lunch box berukuran persegi empat dengan handle dibagian atas yang ditenteng ini hadir dengan material kanvas dan crocco.
Givenchy yang merupakan bagian dari LVMH, kelihatannya sedang menerapkan strategi baru untuk membuat industri men’s ready-to-wear semakin kompetitif. Dengan kolaborasi ini tentu saja komunitas fans fanatik kedua jenama ini harus siap-siap antri untuk mendapatkan Givenchy X Onitsuka.
Foto dok. PittiImmagine